Selasa, 29 Maret 2011

Karate

Tim Karate Indonesia, yang dipersiapkan untuk bertarung pada SEA Games XXVI/2011, sukses menjadi juara umum dalam Swedish Karate Open, 26-27 Maret 2011. Pada lomba diselenggarakan di Baltiska Hallen Malmö, Swedia dan diikuti oleh 13 negara ini,Indonesia berhasil meraih lima medali emas, lima perak, dan lima perunggu.



Peraih Medali

Medali emas diraih dari nomor kata beregu putra (Faizal Zainuddin, Fidelys Lolobua, Aswar) dan kata beregu putri (Yulianti Syafrudin, Dewi Yulianti, Sisilia Agustiani Ora), kata perorangan putri (Yuliayanti Syafrudin), kumite 60 kg putra (Donny Dharmawan) dan kumite 67 kg putra (Jintar Simanjuntak).

Sementara lima medali perakdiraih dari nomor kumite 50 kg putri (Martinel Prihastuti), kumite 55 kg putri (Nurhadiyanti Fitrianingsih), kumite 61 kg putri (Tantri Widyasari), kumite +84 kg putra (Umar Syarief ), dan kumite beregu putri (Martinel Prihastuti, Tantri Wiyasari, Yolanda Asmuruf, Mardiah Nasution).

Dan medali perunggu diraih dari nomor kata perorangan putri (Dewi Yulianti), kata perorangan putra (Faizal Zainuddin), kumite 75 kg putra (Christo Mondolu), kumite 84 kg putra (Hendro Sali), dan kumite bergu putra (Imam Tauhid Ragananda, Donny Dharmawan, Jintar Simanjuntak, Christo Mondolu, Hendro Salim, Umar Syarief).

Belum Menjadi Tolok Ukur


Untuk diketahui, PB FORKI (Federasi Karate-Do Indonesia) sendiri menargetkan tujuh emas pada SEA Games 2011. Dengan melakukan persiapan matang, khususnya uji coba tanding ke berbagai kompetisi, tim Karate Indonesia diharapkan bisa tampil sebagai juara umum pada cabang beladiri yang berasal dari Jepang ini.

Pelatih tim nasional karate, Christine Taroreh dan Syamsuddin mengatakan, berlaga di kompetisi Eropa membuat karateka Indonesia memiliki mental bertanding lebih baik. Selain itu, tim Karate Indonesia juga bisa menguji kecepatan dan kemampuan fisik mereka. Kedua hal ini merupakan kelebihan utama para karateka asal Eropa (sementara karateka Asia lebih mengutamakan strategi).

Apakah ini tanda bahwa karateka Indonesia sudah siap menyabet gelar juara umum di SEA Games? "Prestasi ini belum bisa menjadi tolok ukur," demikian pendapat Herdardji Soepandji, Ketua Umum PB FORKI sekaligus Presiden Federasi Karate Asia Tenggara. "Mereka masih akan dinilai setelah melalui sejumlah kejuaraan, di antaranya Beograd Open, Luxembourg Open, dan Indonesia Open."

Mengenai sukses ini, motivator kita Bpk. Andrie Wongso yang diundang memotivasi tim Karate Indonesia pada 14 Maret lalu, mengatakan, "Syukur, tambahan motivasi yang saya berikan bisa bermanfaat bagi tim Karate Indonesia. Tetap semangat dan optimis dalam berjuang mencapai target juara umum SEA Games tahun ini!"

Luar biasa!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar